Kompilasi Pena

Keutamaan Hikmah Manfaat Sedekah

Keutamaan keistimewaan hikmah manfaat pahala tujuan sedekah dalam ajaran agama Islam adalah tidak sedikit jumlahnya. Dan banyak dalil baik dalam Al-Qur'an maupun al Hadist yang menjelaskan keutamaan dalam bersedekah.

Sungguh keajaiban sedekah ini memiliki keutamaan yang besar. Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah.

Dalam Al Quran, Allah Ta'ala berfirman tentang keutamaan berinfak di jalan Allah serta bersedekah di jalan-Nya pula. Apa yang disampaikan Al Qur’an tersebut diperkuat dan diperjelas oleh Rasulullah saw. melalui hadits-hadistnya.

Keutamaan Hikmah Manfaat Sedekah

Dan diantaranya adalah sebagai berikut :
"Dan di antara orang-orang Arab Badui itu ada yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang diinfakkannya (di jalan Allah) sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai jalan untuk (memperoleh) doa Rasul. Ketahuilah, sesungguhnya infak itu suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat (surga)-Nya; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS At Taubah, 9: 99)

Berdasarkan ayat ini, sedekah akan mendekatkan kita kepada Allah, Zat Yang Maha Pemberi rezeki. Dekat dengan Allah Yang Mahakaya akan menjamin terjaganya rezeki dan harta yang kita miliki. Artinya, semakin bakhil kita, akan semakin jauh kita dari rezeki dan nilai hakiki kekayaan yang sebenarnya.

Keutamaan Kemuliaan Sedekah


Makan definisi arti sedekah adalah berasal dari kata shadaqa yang artinya benar. Sedekah adalah pemberian atau perlakukan dari seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlahnya sebagai bentuk kebajikan dalam rangka mengharap ridha Allah Swt.

Sehingga dengan demikian sedekah dapat kita pahami sebagai bukti kebenaran iman dalam berbagai bentuk perbuatan baik, hal ini karena iman harus selalu dibuktikan dengan amal shaleh atau amal yang baik sehingga setiap kebaikan yang dilakukan seorang muslim adalah sedekah.

Sedekah memiliki banyak keutamaan fadhilah sedekah itu sendiri dengan nilai yang besar dalam pandangan Allah Swt dan Rasul-Nya. Berikut ini beberapa hikmah manfaat sedekah antara lain adalah sebagai berikut :

Dapat Menghindarkan Seseorang Dari Neraka

Walau jumlah sesuatu yang kita sedekahkan meskipun hanya sedikit yang bisa disedekahkannya, bukan kikir tapi karena memang ia tidak mampu bersedekah dalam jumlah yang banyak, bahkan seandainya ia tidak punya apa-apa iapun bisa melakukannya dengan berbicara yang baik.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya : "Jauhilah neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik" (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Dapat Menghapus Dosa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :
"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi)
Adapun dalam hal diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Tidak sebagaimana yang dilakukan sebagian orang yang sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim.

Dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan dan berniat untuk bersedekah setelahnya agar ‘impas’ tidak ada dosa. Yang demikian ini tidak dibenarkan karena termasuk dalam merasa aman dari makar Allah, yang merupakan dosa besar.

Mendapat Pahala Yang Besar

Karena pahala suatu amal yang baik seringkali dilipatgandakan, bahkan bila sedekahnya dalam bentuk wakaf, maka pahalanya bisa terus mengalir meskipun pelakunya sudah wafat.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya : "Apabila anak Adam wafat, putuslah amalnya kecuali tiga hal, yakni sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak shaleh yang mendoakannya". (HR. Muslim).

Dan juga Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Allah Ta’ala berfirman yang artinya :
"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak" (QS. Al Hadid :1 8)

Memberi Keberkahan Pada Harta

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR. Muslim ).

Apa yang dimaksud hartanya tidak akan berkurang? Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal yaitu :
  1. Hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan.
  2. Jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.
Sedekah Mendatangkan Rejeki

Dengan kita mengeluarkan memberikan sedekah maka hal ini akan mendatangkan rizki. Dan rejeki ini adalah sebagai balasan langsung dari Allah Swt atas sedekah yang dikeluarkannya, ini merupakan suatu keberkahan baginya.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya : "Turunkanlah (datangkanlah) rezkimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah (HR. Baihaqi).

Nikmat Manfaat Sedekah


Seringkali kita mendengar seruan untuk bersedekah. Banyaknya kisah yang mengatakan bahwa sedekah akan melipat gandakan harta tak urung membuat banyak orang termotivasi melakukannya. Tapi, jika hanya itu motivasinya maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Sebab Anda akan kecewa.

Jalannya sedekah tak seperti yang Anda pikirkan. Ketika Anda bersedekah maka keesokan harinya Anda segera mendapat kembalian yang mengesankan. Entah berupa harta atau kemudahan berusaha. Jika mau mengkaji lebih dalam nikmat sedekah tak hanya soal harta bertambah. Tetapi juga hal-hal lain yang sifatnya lebih personal.

Berikut ini beberapa nikmat dan rahasia manfaat dalam bersedekah antara lain :

Memberikan Kebahagiaan

Apa yang Anda rasakan saat orang yang Anda beri sedekah terkesan memanfaatkan Anda? Apakah Anda marah ketika menyadari semakin Anda memberi semakin banyak dia meminta?

Jangan berhenti. Bukankah sedekah itu memberi kita kebahagiaan? Memberi membuat kita merasa penting dan berguna. Alhasil optimisme dan kepercayaan diri mengalir pada diri kita sendiri yang bersedekah untuk mencapai keridhoaan Allah bukan ridho manusia yang kita berikan sedekah.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Aidh Al-Qarni bahwa melakukan perbuatan baik pada orang lain akan membuat kita merasa bahagia.

Belajar Untuk Ikhlas

Jika tidak didasari oleh rasa ikhlas, akan sulit bagi kita mengeluarkan uang senilai lima ribu rupiah. Terutama saat kita mengalami kesulitan keuangan. Begitu banyak pertimbangan yang ujung-ujungnya membatalkan niat baik kita. T

api mari berpikir kebalikan dengan menempatkan diri kita sebagai orang yang sedang kesulitan. Bukankah menyenangkan dalam keadaan demikian ada yang memberi dukungan sosial?

Jangan takut uang itu hilang sia-sia. Sebab dengan bersedekah sesungguhnya Anda tengah menabung di bank semesta pimpinan Allah Ta’ala.

Belajar Untuk Sabar

Apa rasanya ketika orang yang kita bantu dengan sedekah itu tak mengucapkan terima kasih? Malah terkesan tidak acuh dan tidak peduli. Ketimbang marah, marilah kita berpikir sederhana ketika mengalami hal demikian.

Kita menganggap melakukan sedekah itu bak menimbun kotoran ayam di halaman belakang. Saat melakukannya memang tidak menyenangkan, tapi ketika si kotoran telah terurai dengan baik ia-lah yang mendapat keuntungan.

Halaman belakangnya subur, bisa ditanami segala macam tanaman. Saat tanaman besar dan berbuah ia akan memetik serta merasakan manisnya. Itulah hasil berpayah-payah menyemai kotoran ayam di halaman belakang. Begitu ia mengumpamakan pahala yang kelak ia dapatkan dari Allah untuk amal yang dilakukan penuh keikhlasan, tanpa mengharap balasan.

Dan hal-hal lainnya yang kita dapatkan kita peroleh dari sedekah dalam rangka mencari keridhoan Allah adalah bisa berupa :
  1. Bagi mereka yang percaya kepada ilmu sedekah, tak perlu diragukan lagi bahwa dengan kekuatan sedekah bisa menembus langit.
  2. Sedekah akan mengajarkan kita kebersyukuran, menghancurkan tembok-tembok kesombongan, merobohkan tiang-tiang keserakahan.
  3. Sedekah akan membawa hati dan harta, sehingga mudah dibawa mendekat kepada Sang Khaliq. Bersedekahlah, maka kesulitan apapun akan segera Allah berikan solusinya.
  4. Mengundang datangnya rezeki, menyembuhkan penyakit, melepas penderitaan dan kesulitan, memanjangkan umur, adalah empat hal keutamaan sedekah.

Jenis Macam Sedekah


Jenis macam sedekah selain dengan harta kekayaan uang juga bisa berupa hal-hal sebagai berikut :
  • Senyum. "Senyummu di muka saudaramu adalah sedekah bagimu" (HR. Bukhari).
  • Amar Makruf Nahi Munkar. "Menyuruh kebaikan dan mencegah kemunkaran adalah sedekah" (HR. Bukhari).
  • Hubungan Suami Istri. “Melakukan hubungan intim (dengan isteri yang dilakukan oleh) salah seorang diantara kamu merupakan sedekah”. Para sahabat berkata: “Ya Rasulullah, apakah kalau salah seorang diantara kita melampiaskan nafsu syahwatnya hal itu dihargai dengan pahala?”. Rasulullah menjawab: “Bagaimana pendapat kalian, seandainya seseorang melampiaskan syahwatnya pada hal yang haram?, apakah dia akan mendapatkan dosa?. Begitu juga jika dia menyalurkan hasrat birahinya pada hal yang halal, maka dia akan mendapatkan pahala”. (HR. Muslim, Abu Daud dan Ahmad).
  • Membuang Gangguan Di Jalan. "Engkau menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu" (HR. Bukhari).
Allah SWT telah berjanji bahwa sedekah akan membuat hati menjadi tenang dan tenteram, jauh dari kegelisahan dan penyakit-penyakit kejiwaan. Betapa tidak, sedekah akan menanamkan semangat kasih sayang dan silaturahmi di antara sesama manusia.

Sedekah itu pintu silaturahmi dan pintu persaudaraan. Sedekah bisa membuat lawan menjadi kawan, musuh menjadi saudara, yang benci menjadi cinta. Bahkan, lebih jauh lagi, sedekah yang dilakukan secara berkesinambungan akan mampu melahirkan keseimbangan di tengah-tengah masyarakat sehingga terjadinya kesenjangan sosial dan rusaknya tatanan kehidupan bermasyarakat bisa diminimalisasi.

Oleh karena itu, Rasulullah saw. menganjurkan agar kita selalu berbuat baik kepada sesama, sekalipun terhadap seorang kafir.

1 komentar:

  1. bagaimanapun tiada alasan untuk kita umat muslim bersegrakan sedekah, sekecil apapun akan menjadi besar jika sedekah kita ikhlas karena Allah ta'alla.

    ReplyDelete