Kompilasi Pena

Jenis Dan Bahaya Narkoba

Banyak bahaya narkoba yang perlu kita kenali dengan baik. Karena dengan mengenali akan berbagai macam bahaya narkotika ini akan membuat kita menjauhi akan beraneka ragam jenis narkoba yang tentunya akan berefek buruk terhadap kesehatan kita juga. Salah satu dampak dan akibat pemakaian narkoba ini adalah kecanduan bagi para pemakainya.

Efek kecanduan narkoba ini adalah salah satu dari sekian banyak bahaya narkotika ini bagi para pemakainya itu sendiri. Karena dampak dari kecanduan ini maka seseorang yang sedang sakau akan berusaha sekuat tenaga baik dalam bentuk mencari dan membelinya untuk mendapatkan bahan berbahaya tersebut, Dan tentunya hal ini juga membutuhkan biaya dan harga yang mahal untuk bisa membeli berbagai macam jenis narkotika tersebut yang akan dikonsumsinya untuk bisa menghilangkan efek candu narkotika tersebut.

Bahaya Narkoba Narkotika

Benar seperti yang dikatakan bahwasannya bahaya narkotika bagi kesehatan adalah sangatlah buruk. Bahkan kebanyakan pengguna narkotika adalah para pemuda dan anak-anak remaja. Sungguh miris memang kalau para generasi penerus bangsa ini malah terjerumus terhadap lingkaran setan penyalahgunaan narkotika ini.

Menurut perundang-undangan di negara kita ini khususnya adalah Undang-Undang no 27 yang dimaksud dengan pengertian narkotika atau pengertian narkoba adalah suatu zat atau pun obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis. Zat tersebut akan menyebabkan penurunan atau pun perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan / adiktif (kecanduan). Itulah undang-undang yang berkaitan dengan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

Bahaya narkoba bagi kesehatan bisa mempengaruhi serta akan merusak organ-organ tubuh dari penggunanya sendiri walaupaun ini tidak langsung berefek karena juga membutuhkan proses narkoba yang merusak badan ini. Bahaya narkotika lainnya adalah akan berpengaruh terhadap berkurangnya daya pikir seseorang atau membuat pikiran menjadi tidak rasional dan kerusakan otak secara permanen. Akibat yang lebih mengerikan lagi adalah over dosis (OD) narkotika yang nantinya akan bisa berujung kepada kematian. Untuk itulah kita perlu Waspadai Bahaya Narkoba itu sendiri.

Jenis macam narkotika ini banyak macamnya. Beberapa jenis narkoba di antaranya yaitu :
  1. Candu (Opium). Opium ini adalah merupakan candu kasar atau mentah yanmg didapat dari getah buah tanaman papaver samniterum yang dihisap / digores dan lalu dibiarkan mengering. Opium merupakan golongan narkotika alami yang sering digunakan dengan cara menghisap.
  2. Morpin. Jenis obat narkoba morphin ini adalah zat aktif yang diperoleh dari candu melalui pengolahan yang dilakukan melalui proses kimia. Cara penggunaanya adalah dengan disuntikan ke dalam tubuh dalam bentuk (injeksi).
  3. Putaw Heroin. Golongan narkoba sejenis ini akan lebih mudah menembus otak sehingga lebih kuat dari morfin itu sendiri.
  4. Kanabis (Ganja). Inilah yang menjadi kasus narkoba yang paling banyak diberitakan dan menyerang semua kalangan di masyarakat kita. Ganja adalah merupakan jenis tanaman kanabis yang biasanya dipotong, dikeringkan, dipotong kecil – kecil dan digulung untuk dijadikan rokok yang disebut joints.
Semoga dengan kita mengenali akan berbagai macam bahaya narkoba dan juga jenis-jenis narkotika ini akan membuat kita lebih waspada dan menjaga lingkungan serta orang-orang dekat kita untuk menjauhi bahaya narkotika ini demi masa depan yang lebih cerah lagi. jangan biarkan masa depan kita direnggut oleh keganasan narkotika ini. "Say No To Narkoba"

0 komentar:

Post a Comment